Minggu, 25 Oktober 2015

Unisma Dorong Organisasi Mahasiswa Menulis


 "Jika membaca dapat meninggikan peradaban maka menulis dapat merawat peradaban." 

            Itulah sedikit inti dari materi yang disampaikan dalam acara diklat jurnalistik organisai kampus Universitas Islam Malang yang dilaksanakan di gedung B lantai 7 pada hari Sabtu 24 Oktober 2015 kemarin. Acara yang dihadiri sekitar delapan puluh peserta tersebut berlangsung dengan sangat meriah. Dalam acara ini, setiap fakultas mendelegasikan satu mahasiswa untuk setiap organisasi kemahasiswaan, mulai dari Lembaga Gubernuran Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa,  Departemen, dan  BSO. Unit Kreatifitas Mahasiswa juga turut serta mengikuti acara ini.

Rektor Unisma Membuka Acara Diklat Jurnalistik (Foto: Ummul Khair)


            Prof. Dr. H. Maskuri Bakri, M.Si selaku Rektor Universitas Islam Malang membuka acara dengan memberikan sedikit motifasi mengenai kejurnalistikan. Dalam sambutanya, beliau mengatakan bahwa “mereka yang menguasai media adalah mereka yang akan menguasai dunia”. Sementara itu, antusias dari peserta dalam mengikuti diklat jurnalistik pertama ini sangat besar, terbukti saat Bapak Rohman Budijanto, Senior Editor Jawa Pos selaku pemateri utama menyampaikan materi semua peserta menyimak dengan sunguh-sunguh.

            Acara yang berlangsung selama enam jam ini membahas dasar-dasar jurnalistik mulai dari penggalian ide berita, kelayakan berita, pengumpulan fakta, pengemasan berita, dan cara mempublikasikan berita dan informasi. Selain itu pemateri juga mengenalkan cara kerja media masa cetak (Jawa Pos) kepada peserta sebagai pandangan awal dalam kepenulisan.

            Harapan dari peserta sendiri dengan diadakannya diklat jurnalistik ini, panitia tidak hanya memfasilitasi materi mengenai jurnalistik, tetapi dapat memfasilitasi mahasiswa untuk langsung praktek dalam hal kepenulisan. Selain itu, peserta juga berharap supaya ada keberlanjutan dari diklat ini.

            Sementara itu, pihak panitia kegiatan diklat jurnalistik berharap supaya mahasiswa dapat menulis untuk berbagai media baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Serta dapat menginformasikan seluruh kegiatan kampus dengan cara mempublikasikannya melalui tulisan, baik melalui mading, bulletin maupun majalah yang dimiliki oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Kampus. (Uni)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACARA YANG AKAN DATANG ADALAH DISKUSI RUTIN BERSAMA PPMI