Selasa, 29 September 2015

Unisma Angkat Bahasa Indonesia ke Kancah Internasional

Prof. Dr. Kyoko Funada, Ph,D dan Dr. Widodo. HS. M.Pd saat memberikan materi (foto: Endang s.)
Untuk mengangkat bahasa Indonesia menjadi bahasa internasionl, Universitas Islam Malang  melalui program Pendidikan Magister Bahasa Indonesia Pascasarjana dan program studi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) menyelenggarakan acara seminar internasional. Acara tersebut diselenggarakan di Hall Oesman Mansur dan Gedung B Universitas Islam Malang mulai tanggal 28-29 September 2015.

Acara dengan tema “Memperkokoh Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional Melalui Diploma Bahasa, Sastra,dan Budaya” dibuka langsung oleh rektor Universitas Islam Malang, Prof. Dr. Masykuri Bakri. M.Si dan dihadiri oleh kurang lebih 250 peserta. Adapun peserta seminar kali ini tidak hanya berasal dari negara Indonesia saja, namun juga dari beberapa negara di dunia seperti Malaysia, Jepang, Thailand, Myanmar , Korea Selatan, Amerika Serikat dan Kanada.

Selain itu, pemateri yang dihadirkan juga beragam. Mulai dari Asosiasi Pengajar BIPA (Bahasa Indonesia untuk penutur Asing), International of Indonesia Forum Kanada, Redaktur senior Harian Kompas hingga Direktur Jenderal Kebudayaan RI.  

Melalui acara seminar ini, Unisma ingin menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional “ penguatan-penguatan bahasa ini merupakan bagian dari penguatan untuk  mendorong bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional” ujar rektor Unisma .


Upaya untuk memperkokoh bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional juga sangat  di dukung penuh oleh negara lain. Salah satunya yaitu negara Jepang. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Prof. Dr. Kyoko Funada, Ph.D “Dari 730 Universitas di jepang, 75 Universitas sudah memiliki jurusan/program studi Bahasa Indonesia” tuturnya.  (Faiq/ficri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACARA YANG AKAN DATANG ADALAH DISKUSI RUTIN BERSAMA PPMI