Senin, 30 November 2015

Diklat UKM Pramuka Unisma Berlangsung Meriah

MALANG, FENOMENA - Setiap awal tahun perkuliahan, UKM Pramuka mengadakan acara diklat untuk merekrut anggota baru. Untuk tahun ini, kegiatan tersebut berlangsung dengan sangat meriah. Kemeriahan tidak hanya berasal dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar, namun juga dari rangkaian kegiatan diklat yang sudah dipersiapkan panitia.

Panitia dan Peserta Foto Bersama

Ada dua bentuk diklat yang dilaksanakan oleh UKM Pramuka. Yakni diklat ruangan dan diklat lapangan. Diklat ruangan sudah dilaksanakan pada tanggal tanggal 13 – 15 November silam. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut berlokasi di Unisma, lebih tepatnya di ruang B2.02. Berbagai macam materi ke pramukaan hingga ke Unismaan di berikan kepada para peserta pada waktu itu. Tak lupa, praktek kecil – kecilan juga diberikan oleh panitia agar para peserta paham teknik lapangannya. “ Kami paling suka materi survivel, karena asik dan menantang” Kata salah satu peserta diklat.

Sementara itu, diklat lapangan sendiri diadakan di Coban Talun, Batu, pada tanggal 26 – 28 November. Tempat ini sengaja dipilih karena sudah menjadi langganan UKM Pramuka dari tahun ke tahun. Namun untuk tahun ini, ada sedikit perubahan yang dilalukan. Rute yang dilalui peserta sedikit dikurangi dibandingkan tahun kemarin. “Namun peserta tahun ini adalah peserta terbanyak dari pada tahun-tahun sebelumnya. Yaitu berjumlah 58 peserta. Ini adalah suatu kebanggan untuk kami juga sebagai alumni.  Kami sebagai tetua semangat untuk hadir di OPP ke 26 ini.” Kata Ribut, salah satu alumni Racana Islam Unisma.

Selama empat hari di batu, para peserta benar-benar di gembleng fisik dan mentalnya. Mereka di didik untuk menjadi manusia yang berkarakter dan mempunyai disiplin yang matang. Berbagai materi pun mereka jalani. Mulai dari materi tentang navrat (navigasi darat), SAR, Kejurnalistikan hingga Kewirausahaan. Tak lupa, praktek pengembaraan hutan dan SAR malam pun mereka lewati. “Hukuman push up, jump up, dan jalan kodok kami bikin sebagai hadiah dari apa yang kami jalani selama diklat ini. Dan kami jalani semua ini dengan senang hati.” Kata salah satu peserta diklat

Sebagai hadiah dan untuk memompa kembali semangat peserta, pada hari terakhir kegiatan panitia memberi hadiah berupa replingan di tebing nyata.  Posisinya sendiri berada di dekat air terjun Coban Talun. Peserta terlihat sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Setelah itu, mereka kembali ke Unisma dengan berjuta kenangan. (Ntus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACARA YANG AKAN DATANG ADALAH DISKUSI RUTIN BERSAMA PPMI